Sabtu, 30 September 2017

5. Berita Teknologi - Desa di kaki gunung dengan Perpustakaan Digitalnya

Desa di Kaki Gunung Ijen ini Dilengkapi Perpustakaan Digital

Ardian Fanani - detikNews
Desa di Kaki Gunung Ijen ini Dilengkapi Perpustakaan Digital
Desa taman sari kini telah dilengkapi dengan fasilitas QBaca atau Puataka Digital. (foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Desa Tamansari, Kecamatan Licin yang dinobatkan sebagai salah satu desa 'Smart Kampung' terus menujukkan perkembangannya. Tak hanya ada kemajuan tentang pelayanan yang sudah berbasis IT, pelayanan dan penambahan fasilitas juga dilakukan.

Saat ini, desa yang tepat berada di kaki Gunung Ijen ini, dilengkapi dengan fasilitas QBaca atau Pustaka Digital.

Fasilitas QBaca itu merupakan bentuk dukungan dari PT Telkom Indonesia untuk Desa Tamansari. Hal ini juga sebagai bentuk komitmen mereka di bidang pendidikan untuk meningkatkan kecerdasan bangsa melalui membaca.

"Sampai saat ini di area Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara telah menyalurkan 135 QBaca atau Pustaka Digital yang diletakkan di plasma telkom, sekolah, rumah kreatif BUMN, titik-titik wifi dan di Banyuwangi juga diberikan ke Smart Kampung," jelas Komisaris Utama PT. Telkom Indonesia, Hendri Saparini kepada sejumlah wartawan, Jumat (29/9/2017).

Fasilitas ini, kata dia, adalah perpustakaan berbasis online yang berisi ribuan buku yang dapat diakses secara gratis oleh warga. Ada kurang lebih 20 ribu buku tersedia mulai dari buku pendidikan sekolah tingkat TK hingga jenjang SMA. Sementara buku-buku tersebut juga telah sesuai dengan kurikulum yang diadopsi oleh Kementrian Pendidikan.

"QBaca juga dilengkapi dengan buku ilmu pengetahuan, buku cerita maupun buku inspiratif lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tamansari, Rizal Saputra mengatakan, adanya fasilitas tambahan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Ini juga akan menambah referensi bagi pendidikan yang ada di Desa Tamansari.

"Kita sebelumnya sudah punya pojok baca manual untuk warga, tapi
dengan Pustaka Digital ini tentunya lebih memudahkan lagi bagi
masyarakat. Informasi-informasi yang dirasa perlu oleh teman-teman pendidikan maupun siswa jadi semakin bisa terpenuhi," terang Kepala Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Rizal Syahputra.

Saat ini, kata Rizal, Desa Tamansari, Kecamatan Licin menjadi salah satu desa yang terpilih untuk mendapatkan program smart kampung dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Program ini merupakan sebuah inovasi pelayanan cepat dan mudah.

"Di desa kami memiliki pelayanan dengan menggunakan sistem online, full akses wifi dan membuka pelayanan pagi hingga malam hari," tambahnya.
(iwd/iwd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar